image1 image2 image3

HELLO I'M MUHAMMAD NAUFAL|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M NOT PROFESSIONAL WEB DEVELOPER

Fitur fitur pada windows dari xp hingga windows 10

Bergagai Fitur OS Windows XP

Sistem Operasi adalah suatu program induk yang berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan / aktifitas dari seluruh element di dalam Komputer. Karena begitu pentingnya fungsi sebuah sistem operasi untuk proses komputasi, maka perkembangan sistem operasi sangatlah cepat. Dalam perkembangannya Sistem Operasi Windows selalu mengalami perkembangan yang signifikan, baik dalam segi kinerja sebuah sistem operasi (performance kernel) dan tampilan visualisasinya (displaying shell).

Berikut ini adalah penjelasan apa saja fitur / kegunaan yang dimiliki oleh Sistem Operasi Windows XP :
1.Managemen Proses
Pada saat Booting OS Windows XP akan memulai menjalankan / me-load Kernel-nya untuk menjalankan beberapa aplikasi yang mengatur Sumber Daya / Hardware yang berada di komputer seperti CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O.
2.Managemen Memori Utama
Seperti yang telah dijelaskan diatas salah satu program yang terdapat dalam Kernel Windows XP adalah program yang berfungsi untuk mengatur memori utama atau RAM (Random Access Memory). Berbagai aktivitas yang berkaitan dengan managemen memori seperti:
• Menjaga  track  dari memori yang sedang  digunakan dan siapa yang menggunakannya.
• Memilih program yang akan di-load ke memori.
• Mengalokasikan dan meng-dealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan.
3.Managemen Secondary-Storage
Sistem operasi Windows XP mengatur langsung akses dengan disk-management seperti:  free-space management, alokasi penyimpanan, penjadualan disk. Semua yang berhubungan dengan secondary-storage adalah harddisk, disket, dll.
4.Managemen Sistem I/O
Dalam Windows XP terdapat jendela device manager yang berfungsi untuk mengatur semua hardware yang berhubungan dengan Input dan Output sebuah perangkat. Semua perangkat yang terhubung dengan komputer akan di atur didalam device manager semua-nya diatur dengan bantuan driver dari masing-masing perangkat sehingga dapat bekerja dengan baik.
5.Managemen Berkas
Windows XP juga mengatur bagaimaca sebuah Berkas tersimpan didalam secondary storage. Berkas atau file dapat mempunyai struktur yang bersifat hirarkis (direktori, volume, dll.), windows XP mengatur file seperti berikut:
• Pembuatan dan penghapusan berkas.
• Pembuatan dan penghapusan direktori.
• Mendukung manipulasi berkas dan direktori.
• Memetakan berkas ke secondary storage.
• Mem-backup berkas ke media penyimpanan yang permanen (non-volatile).
6.Sistem Proteksi
Karena Windows XP mempunyai fitur multi user maka jelas Proteksi / Keamanan haruslah menjadi hal yang sangat penting. Windows XP mengatur setiap akses yang diberikan kepada semua user tentunya dengan hak akses yang berbeda-beda.
7.Jaringan
Windows XP sangat memudahkan user untuk terhubung dengan jaringan dimulai dengan plug&play, remote dekstop, sampai dengan network setup wizard. Sehingga masalah jaringan terlihat mudah dan dapat di atur oleh siapa saja tanpa kemampuan khusus dari user.
8.Command-Interpreter System
Meskipun sudah berbasiskan GUI (Graphical User Interface) windows xp tetap menyediakan  Command-Interpreter System atau lebih dikenal dengan console / cmd. Berbagai perintah dapat langsung diketik melalui cmd ini.

Berbagai Fitur Windows 7

Windows 7 telah memasuki babak RTM (Release To Manufacturing), dan rencananya pada 22 Oktober 2009 nanti versi Final dari Windows 7 bakal keluar. Bagaimana kinerja Windows 7 dan apa saja fitur-fitur yang dibawa oleh Windows? Apakah sama dengan Windows Vista atau mungkin justru lebih baik? Dan apakah bagi anda pengguna Windows XP harus menggantinya dengan Windows 7. Biar tidak penasaran berikut ini adalah rangkuman secara sekilas tentang fitur baru yang ada Windows 7.


Snap, Shake, and Peek.
Jika menggunakan fitur ini, program dan file yang sering digunakan dapat diakses dengan mudah tanpa membuat desktop berantakan. Dengan Peek, pengguna tinggal mengarahkan tetikus ke kanan bawah taskbar dan semua jendela yang terbuka menjadi transparan sehingga lebih mudah melihat desktop.
Sedangkan Snap, pengguna tinggal mengarahkan jendela yang terbuka ke arah lebih jauh pada layar untuk mengukur ulang. Dua jendela dapat terbuka pada sisi kanan dan kiri untuk dapat melakukan perbandingan. Sedangkan dengan Shake, pengguna tinggal mengklik pada satu jendela dan menggoyangkan tetikus untuk memperkecil jendela lain yang sedang terbuka. Goyangkan tetikus kembali untuk mengembalikan jendela pada ukuran semula.

Windows Touch

Fitur ini telah dimasukkan ke Windows 7 dan tersedia pada komputer dengan layar sentuh. Gambar dapat diperbesar dengan menempatkan kedua jari dan menariknya ke arah yang lebih jauh. Dengan ikon yang lebih besar pada menu Start, Windows Taskbar dan Windows Explorer layar sentuh bekerja dengan mudah untuk memilih dengan jari. Demikian juga browsing Internet dengan Internet Explorer 8, jauh lebih mudah. Tinggal gunakan jari untuk menurunkan halaman pada halaman web dan mencari link favorit.

Internet Explorer 8

Aktivitas yang paling populer pada personal komputer antara lain berselancar. Fitur ini menyesuaikan keperluan pengguna melalui peningkatan yang signifikan, yakni bekerja lebih baik, lebih cepat, dan mudah membuka tab serta loading website. Smart Screen Filter juga membantu personal komputer tetap aman dengan memberi tahu website yang memiliki potensi bahaya.

Windows Live Essentials

Fitur yang ada pada versi Windows sebelumnya disediakan gratis dan dapat diunduh melalui http://download.live.com. Pengguna dapat mengakses data offline untuk foto, video, dan data lain. Aplikasi ini akan di-update secara berkala untuk menyediakan fitur yang inovatif dan terintegrasi dengan layanan berbasis web.

Windows Search

Ini merupakan fitur instan untuk mengidentifikasi lokasi dan membuka file apa pun pada personal komputer dari menu Start dengan mengetik satu atau dua kalimat. Sistem ini juga memiliki fitur Visual Search untuk meningkatkan hasil pencarian gambar atau preview.

Web Slice

Fitur terbaru yang dapat digunakan pengguna untuk memotong bagian yang ditargetkan dari sebuah website menjadi thumbnail kecil yang ditempatkan pada toolbar Internet Explorer 8. Ini juga bisa dilakukan untuk referensi yang mudah dan cepat, seperti kurs mata uang, cuaca, dan lelang.
Parental Control
Fitur ini untuk membatu pengaturan waktu yang spesifik. Selain itu, fitur ini dapat menentukan program, website, dan game yang diperbolehkan untuk diakses anak-anak. (TEM/Ezz
Action Center
memungkinkan kita mengatur alert atau peringatan apa saja yang Windows 7 boleh tampilkan, sangat berguna untuk mengontrol UAC Messages yang memang tidak bisa didisable secara permanen
Aero Templates dan Theme
kumpulan theme yang unik untuk Windows 7. Untuk mengakses dan menginstal Theme tersembunyi di Windows 7, silahkan ketikan pada kolom Search Program and Files di Star Menu “C:\Windows\Globalization\MCT” tanpa tanda kutip, dan sesuaikan drive C dengan lokasi instalasi Windows 7 anda. Disini kita bisa mendapatkan theme unik sesuai dengan lokasi wilayah yakni Australia, Kanada, Inggris,  sampai Afrika.
Device Stage
fungsinya untuk mempermudah kita melihat device apa saja yang tersambung ke laptop atau komputer kita, seperti bluetooth, kamera, printer, sampai kepada flashdisk ataupun kartu memori.
Gadgets
telah ada di Windows Vista namun di Windows 7 kali ini tidak ada lagi yang namanya Sidebar, itu artinya kita bisa meletakkan Gadgets dimana saja di desktop kita.
Home Group,
memudahkan kita dengan cepat dan mudah membuat sebuah  home network antara dua komputer atau lebih mempergunakan Windows 7
Jump List,
fitur cukup menarik, klik kanan pada sebuah  icon program di Taskbar dan anda bisa melihat daftar file-file yang pernah dibuka oleh program tersebut (recent file) sehingga memudahkan anda membuka sebuah file.
Libraries,
sesuai namanya disini kita bisa dengan mudah mencari, mengorganisir file music, dokumen lainnya, foto sampai kepada video.
Location Aware Printing
, sangat berguna terutama bila anda sering menggunakan laptop anda berpindah-pindah  tempat, misal di rumah, kantor ataupun warnet. Dengan adanya Location Aware Printing, Windows 7 akan mengingat printer sampai jaringan yang digunakan, sehingga ketika anda berada di rumah secara otomatis Windows 7 akan mempergunakan default printer yang ada di rumah, bila anda beralih ke kantor, Windows 7 pun akan secara otomatis mengingat printer yang di kantor.
Fungsi Play,
klik kanan pada file musik (lagu)  lalu klik Play
Windows Media Player 12,
kalau anda sering memainkan file berformat 3GP, jangan khawatir di Windows 7 anda tidak perlu menginstal program khusus untuk memutar file 3GP, sebab WMP 12 telah mendukung file tersebut.
Windows XP Mode,
memungkinkan kita untuk menjalankan Sesi XP untuk program-program yang memang tidak kompetible dengan Windows 7
Ada banyak fitur menarik di Windows 7 yang merupakan versi upgrade atau peningkatan dari fitur-fitur yang telah ada di Windows Vista maupun XP, so… kalau anda ingin mendapatkan sebuah pengalaman baru dalam berkomputer tidak ada salahnya mencoba Windows 7, dan agar tidak ketinggalan dengan info menarik dan terkini seputar komputer dan Windows 7 dari tasikisme.com jangan lupa masukkan email anda di bawah ini dan klik subcrib

Fitur-fitur Menarik di Windows 8
  • Hidden Start Menu:
Microsoft telah menghilangkan menu start lamanya dengan tampilan ‘keramik’. Tetapi ternyata masih terdapat fitur klik kanan di sudut kiri bawah layar untuk memunculkan menu untuk membuka menu Control Panel, Task Manager, daftar program dan menu-menu lain yang ada di sistem.
Dari sini agan dapat mencari file, menjalankan menu ‘Run’, membuka File Explorer dan lainnya.
  • File History:
File History adalah fitur terbaru di Windows 8 yang cara kerjanya mirip dengan teknologi Apple’s Time Machine. Secara otomatis log dari data-data lama agan dapat dikembalikan ketika diperlukan.
Fitur ini tidak diaktifkan secara default, sehingga agan perlu untuk membuka sub-menu System and Security keamanan di Control Panel untuk menjalankannya.
agan juga memerlukan hard-drive baik internal, eksternal atau jaringan untuk menyimpan riwayat dari data-data lama agan . Semuanya akan bekerja secara otomatis ketika diatur, dan dapat menjadi penyelamat jika agan kehilangan foto data agan secara tiba-tiba.
  • Start Menu Rahasia

Ketika pengguna mengarahkan kursor ke pojok kiri layar dan melakukan klik kiri, tampilan Start Screen akan dimunculkan. Tapi apabila yang di-klik adalah tombol mouse sebelah kanan, Windows 8 akan menampilkan sebuah menu yang memuat akses ke sejumlah area penting mirip pada Start Menu yang lama, termasuk Control Panel, Command Prompt, dan Task Manager.
Cara ini lebih mudah dan cepat dibandingkan memperoleh akses serupa melalui Start Screen yang baru.
  • Sinkronisasi Akun Pengguna

Windows 8 mendukung mode User Account seperti pada versi Windows terdahulu. Namun, sistem operasi ini juga bisa membuat akun pengguna jenis baru yang tersinkronisasi dengan Windows ID milik pengguna yang bersangkutan.Melalui akun ini, agan pun bisa mengakses data dari SkyDrive, Xbox, Hotmail/ Outlook dan jasa-jasa berbasis cloud lain dari Microsoft.
Akun pengguna tipe baru tersebut juga bisa menyamakan setting Windows agan (dari wallpaper desktop hingga history browser) di beberapa komputer yang berbeda sehingga bisa membantu ketika menggunakan banyak komputer.
Untuk mengakses fitur ini, jalankan Settings, pilih "Change PC Settings", dan bukalah "Sync your settings".
  • Matikan Komputer dengan Cepat
Proses ini bisa jauh dipersingkat dengan memilih tampilan desktop (tanpa adanya window yang terbuka) lalu menekan kombinasi tombol [Alt] dan [F4] secara bersamaan untuk memunculkan pilihan yang sama. Cara tersebut sebenarnya sudah lama tersedia di Windows versi sebelumnya, tetapi menjadi lebih berguna di Windows 8.
  • Screenshot Praktis

Windows 7 memiliki aplikasi Snipping Tool untuk menampak gambar (screenshot), tool ini pun masih ada pada Windows 8.Akan tetapi, ada cara lain yang lebih praktis untuk keperluan itu di Windows 8. Pengguna cukup menekan kombinasi tombol [Windows] dan [Print Screen] pada keyboard dan gambar hasil tangkapan layar akan disimpan dalam format PNG di Pictures Library.
  • Mixed Desktop App:
Windows 7 memungkinkan agan untuk menemukan aplikasi Windows di sisi layar agan , tetapi Windows 8 memungkinkan aplikasi-aplikasi di menu start-nya untuk pindah ke tepi kiri atau kanan layar, dan mereka akan beralih ke mode mini yang khusus pada saat yang sama.
Ini berarti agan dapat melihat ramalan cuaca atau mengecek Twitter ketika sedang menjalankan program.
  • Sync Everywhere:
Jika agan menggunakan Windows 8, agan dapat menggunakan akun ID Windows lama agan pada Windows 8 agan untuk memudahkan sinkronisasi email dan foto, mengatur pengaturan Windows 8 seperti Windows yang lama dan preferensi langsung ke lokasi lainnya.
Ini adalah cara yang cepat dan mudah menjaga preferensi agan , wallpaper di desktop, Internet bookmark dan data lainnya.
  • Take The Shortcuts:
Fitur Snipping Tool yang ada pada Windows 7 masih ada di Windows 8, tapi ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan screenshot dari layar agan .
Tekan tombol Windows dan PrtScrn (Print Screen) pada waktu yang sama untuk menyimpan screenshot gambar berformat PNG ke folder ‘Screenshot’ di menu Pictures library. Tekan Win+C untuk memunculkan Windows 8 Charms.
Gunakan Win+X untuk menampilkan menu start tersembunyi yang telah disebutkan sebelumnya. Dan Win+D untuk mengganti pilihan aplikasi di desktop dengan aplikasi lain yang ada di Windows 8.
  • Look screen

Pada tampilan pertama windows 8 tampil dalam keadaan tombol terkunci. Tekan tombol spasi, memutar roda mouse atau bisa juga dengan cara swipe layar sentuh ke atas. agan akan dibawa ke halaman login. silahkan agan login dengan username dan password windows 8 yang agan punya.
  • Basic Navigation (Navigasi standar)

Karena windows 8 dioptimalkan untuk layar sentuh dan tidak ada lagi tombol start, melainkan hanya kotak-kotak aplikasi sebagai pengganti navigasi versi windows sebelumnya. Namun demikian agan bisa menjalankan untuk PC dengan menggeser roda mouse ke depan dan belakang.
  • Kelompok aplikasi

agan dapat mengelompokkan kotak-kotak aplikasi pada halaman utama windows 8 dengan cara drag and drop aplikasi yang ada. Mengelompokkan aplikasi windos 8 sesuai urutan kegunaan misalnya aplikasi yang sering digunakan ditaruh dibagian paling kiri.
  • Cari aplikasi

Untuk menemukan aplikasi agan dapat mnekan (tombol windows + Q) atau klik kanan bagian kosong layar atau menggeser jari ke atas dari bagian bawah layar dan pilih semua untuk menampilkan daftar bergulir dari semua aplikasi yang terinstal di windows 8.
  • Easy accsess (Akses mudah)

Mulai dengan mengetik bagian dari nama aplikasi. Untuk mengakses Control Panel. Misalnya, ketik 'Control'. Klik kanan-kotak 'control panel' pada layar pencarian aplikasi. dan klik 'Pin to Start'. Sekarang tekan tombol windows, gulir ke kanan dan agan belajar online akan melihat kotak control panel di ujung. Drag and Drop ke kiri di tempat yang mudah agan akses. Kemudian klik kotak untuk membuka desktop bersama dengan jendela Coontrol Panel. Lalu tekan tombol windows untuk mengembalikan ke layar start saat pertama agan mulai.
  • Shutting down

Untuk shutting down/ mematikan windows 8, hanya perlu menggerakkan kursor mouse ke pojok kanan bawah layar, klik ikon Setting atau (tahan tombol windows dan tekan I) dan agan belajar online akan melihat tombol power. Klik tombol tersebut dan pilih 'Shut Down' atau 'Restart'. Beberapa trik shut down versi windows xp/vista/7 juga masih berjalan pada versi windows 8 seperti tekan (Ctrl+Alt+Del)->klik tmbol power di pojok kanan bawah dan agan akan disajikan tombol 'Shut Down' atau 'Restart'. Kalau agan berada di halaman desktop, tekan (Alt+F4) dan agan akan dapat memilih 'Shut Down', 'Restart', 'Sign Out' atau pilihan 'Switch User'.
  • App bar
App bar ini sebagai pengganti tombol start dan menu-menu yang ada pada versi windows sebelumnya. Apabila agan tidak yakin dengan app bar agan dapat kembali lagi dengan klik kanan pada bagian kosong layar, tekan tombol windows+Z atau bisa juga menggerakkan jari dengan cepat ke atas.
  • Aplikasi yang sedang berjalan

Apabila agan ingin tahu aplikasi apa saja yang sedang agan jalankan, maka agan dapat menekan Alt + Tab yang bisa agan gunakan untuk beralih ke aplikasi lain yang sedang berjalan. Menekan tombol windows + Tab akan menampilkan panel di sisi kiri layar dengan aplikasi yang sedang berjalan. Tekan Ctrl+Shift+Esc untuk melihat semua aplikasi yang berjalan di task manager.
  • Menutup aplikasi

Aplikasi windows 8 tidak memiliki tombol tutup(Close), namun demikian agan dapat menggunakan kombinasi Alt +F4 untuk menutup aplikasi yang berjalan sebagaimana berjalan juga untuk menutup aplikasi windows sebelumnya. Apabila tidak bisa karena sistem crash agan dapat menekan kombinasi tombol Ctrl +Shift +Esc, agan akan dibawa ke halaman task manager. Klik aplikasi yang akan ditutup dan tekan tombol End Task yang ada di bawah. Jangan sering-sering memakai kombinasi diatas karena bisa menyebabkan sistem crash permanen.
  • Menguasai internet explorer di windows 8

Ketika agan meng-klik kotak internet explorer maka akan muncul layar penuh tanpa toolbar, menu atau sidebar seperti tidak ada apa-apa. Klik kanan bagian kosong pada halaman/ gulir dengan cepat jari agan turun dari atas layar. agan akan menemukan pilihan untuk membuat dan beralih diantara tab, serta tombol refresh, sebuah kotak pencarian.
  • Menjalankan dua aplikasi bersama-sama
Agan dapat menjalankan dua aplikasi secara berdampingan pada windows 8 dengan cara swape aplikasi pertama dan buka aplikasi kedua. Maka aplikasi kedua akan tampil pada layar kosong.
  • Run as Administrator

Kadang aplikasi hanya berjalan pada sisi administrator dan tidak berjalan pada user biasa. Apabila Agan ingin menjalankan aplikasi dari sisi administrator windows 8, maka Agan dapat meng-klik kanan aplikasi dan pilih Run as Administrator.
  • Menyesuaikan ukuran kotak aplikasi
Menyesuaikan kotak-kotak aplikasi windows 8 dapat dijalankan dengan cara klik kanan pada tampilan pertama windows 8 dan windows 8 akan menyesuaikan ukurannya.

Fitur & Perubahan Terbaru Windows 8.1

1. Windows 8.1 lebih mudah dikustomisasi
Salah satu perbedaan utama yang mungkin Anda lihat adalah Anda lebih mudah mengubah ukuran kotak-kotak aplikasi Anda. Jika pada versi sebelumnya, Anda hanya bisa mengubahnya ke dalam 2 ukuran. Sekarang Anda bisa menyesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur Lock Screen pada kotak aplikasi yang hidup atau pada foto favorit Anda.

2. Windows 8.1 menyediakan akses mudah untuk aplikasi
Anda mungkin tidak ingin mengganti-ganti layar Start Anda dengan setiap aplikasi yang telah terinstal, jangan khawatir Windows 8.1 akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk mengakses semua aplikasi lain yang tidak muncul di layar Start. Caranya, geser kursor Anda ke atas dari bagian bawah layar atau klik panah bawah yang muncul di dekat bagian kiri bawah Start Screen.

3. Tombol Start kembali pada Windows 8.1
Jika pada Windows 8 tombol Start telah dihilangkan, maka pada versi terbaru Windows 8.1 tombol Start muncul kembali. Setiap kali desktop ditampilkan, tombol Start tepat berada di sudut kiri bawah layar.

4. Pencarian lebih mudah pada Windows 8.1
Pada Windows 8, Anda akan sangat mudah untuk mencari aplikasi yang hendak dibuka. Karena yang perlu Anda lakukan adalah mengetik nama aplikasi terlebih dahulu tanpa harus
mengklik tombol Start. Namun pada Windows 8.1, pencarian lebih disempurnakan karena ketika Anda mengetikkan sesuatu, Anda tidak hanya akan melihat aplikasi Anda, tetapi juga file dan hasil dari pencarian web.

5. Perbaikan signifikann pada Windows Store 8.1
Windows Store kini jauh lebih mudah digunakan ketimbang pada Windows 8. Selain memiliki tampilan yang baru, Windows Store juga menawarkan kotak pencarian yang memudahkan Anda untuk mencari aplikasi tertentu. Bahkan, Anda tidak harus lagi melihat melalui daftar besar aplikasi untuk menemukan satu aplikasi yang Anda inginkan.

6. Beberapa aplikasi dapat terbuka secara bersamaan pada Windows 8.1
Kini, Anda tidak lagi terbatas untuk membuka hanya satu aplikasi Windows pada suatu waktu. Anda dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang sama. Bahkan Anda dapat membuka aplikasi lain pada monitor yang berbeda jika Anda memiliki lebih dari satu monitor yang terhubung ke PC Anda.

7. SkyDrive lebih mudah digunakan pada Windows 8.1
SkyDrive adalah penyimpanan awan gratis. Pada Windows 8.1, Anda jauh lebih mudah untuk menggunakan storage SkyDrive karena SkyDrive sekarang digunakan sebagai lokasi default untuk menyimpan file Anda. SkyDrive berguna terutama jika Anda juga memiliki Windows Phone 8 atau beberapa PC karena membuatnya begitu mudah bagi Anda untuk berbagi file antara perangkat tersebut.

8. Pengaturan Windows 8.1 lebih mudah
Pada Windows 8.1 jauh lebih mudah untuk mengubah berbagai pengaturan untuk menyesuaikan tampilan PC Anda sebab Anda tidak lagi harus menggunakan Control Panel untuk mengubah sebagian besar pengaturan.

dan yang terbaru ini dia windows 10

Start Menu hidup kembali


Rindu akan tombol Start Menu pada Windows 7? Kabar gembira bagi Anda semua, karena Start Menu hidup kembali dengan fitur yang lebih canggih. Start Menu pada Windows 10 merupakan gabungan dari Windows 7 dan 8, dimana Start Menu baru dibagi menjadi dua bagian, yakni ikon aplikasi tradisional di sisi kiri dan lives tiles di sisi kanan. Selain itu, menu ini dilengkapi juga dengan sistem pencarian yang lebih canggih, dimana tidak hanya menampilkan pencarian aplikasi tapi juga menampilkan hasil pencarian dari website.

Task View


Fitur ini sebenarnya sudah diadaptasi pada Linux dan OS X, dimana pengguna bisa membuat virtual desktop. Misalnya pada virtual desktop pertama terdapat kumpulan aplikasi untuk bekerja dan di virtual desktop kedua terdapat aplikasi untuk hiburan. Sehingga dengan fitur ini berganti aplikasi menjadi lebih mudah dan pengguna menjadi lebih produktif.

Snap assistant


Jika Anda menggunakan Windows 8 mungkin tidak asing lagi dengan fitur Snap. Pada Windows 10, fitur ini ditingkatkan lagi dengan snap assistant. Jadi saat membuka banyak aplikasi dan Anda men-snap salah satu aplikasi, snap assistant akan membantu pengguna untuk memilih aplikasi terbaik lain untuk di-snap.

Universal Apps


Universal Apps merupakan masa depan aplikasi Windows, dimana aplikasi modern akan berjalan di semua jenis dan ukuran perangkat Windows. Mulai dari smartphone berukuran 4 dan 5 inci, tablet berukuran 7 hingga 12 inci, hingga monitor berukuran besar. Tidak hanya menguntungkan dan memudahkan bagi pengguna, hal ini juga memudahkan para developer karena hanya perlu membuat satu aplikasi untuk semua perangkat.

Tingkah laku baru aplikasi modern


Perubahan juga terjadi pada aplikasi modern. Sebelumnya, pembaharuan dari versi Windows 8 ke Windows 8.1 aplikasi modern berjalan pada tampilan desktop, terdapat tombol pengaturan (minimize, maximize, dan close ), dan ikon aplikasi modern pada taskbar. Kini pada Windows 10, ukuran aplikasi modern bisa diatur layaknya aplikasi tradisional pada umumnya.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar